BUKU MEKANIKA BENDA LANGIT (RINTO ANUGRAHA)

Dr. Eng. Rinto Anugraha bekerja sebagai Dosen Fisika Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sejak tahun 1998. Menjabat sebagai Kepala Laboratorium Fisika Material dan Instrumentasi Jurusan Fisika FMIPA UGM periode 2011 – 2013. Ia mengajar beberapa matakuliah di S1 dan S2 Fisika UGM dan di jurusan lainnya seperti FisikaDasar, Matematika Fisika, Elektrodinamika, Mekanika Klasik, Teori Relativitas, Fisika Kuantum, Mekanika Benda Langit, Kapita Selekta Fisika Material dan sebagainya.
Disela kesibukannya, sempat menulis buku "Mekanika Benda Langit".  Buku ini sebenarnya merupakan kumpulan tulisannya di internet tentang ilmu hisab / ilmu falak, disertai dengan beberapa tambahan.
 Dalam buku ini dijelaskan tentang waktu dan kalender, khususnya kalender Gregorian (Masehi) dan kalender Islam, serta konversi antara keduanya. Kemudian disajikan pula pembahasan tentang tentang bumi, koordinat bola, serta transformasi koordinat antara ekliptika geosentrik, ekuator geosentrik dan horisontal. Dibahas pula jarak antara dua tempat di permukaan bumi serta arah kiblat yang merupakan sudut azimuth dari satu tempat ke tempat kedua yang terletak di Ka’bah, Saudi Arabia. Selanjutnya perhitungan posisi matahari dan bulan diberikan secara gamblang dengan beberapa model algoritma. Setelah pembahasan tentang fase-fase bulan, gerhana bulan dan matahari akhirnya ditutup dengan kapita selekta tentang kalender 2012 dan software Accurate Times.
e-book untuk bukunya dapat di download dibawah

0 komentar